Minggu, 06 Januari 2013

Sejara dan Info Lain Jawa Timur

Sejarah Jawa Timur tanggal kembali ke kerajaan kuno yang terkenal dari Kediri dan Singosari, yang sekarang menjadi kota dekat Malang. Kerajaan Majapahit, berpusat di Trowulan, Mojokerto Jawa Timur, dirayakan oleh Indonesia sebagai zaman keemasan Nusantara. Sebagian besar wilayah Jawa Timur adalah bagian dari Kerajaan Mataram pada puncaknya, terlepas dari Kerajaan Blambangan di ujung Jawa timur jauh terdekat ke Bali.

Jawa Timur akan membangun pelabuhan 4 tahun 2013 di Lamongan, Gresik, Probolinggo, dan Banyuwangi.

Jawa Timur menjadi tuan rumah beberapa universitas terkenal di Indonesia, baik milik pemerintah maupun swasta. Tiga kota besar untuk universitas, karena mereka memiliki universitas pemerintah, adalah Surabaya, Malang, dan Jember. Di antara mereka, Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah yang paling terkenal, dan keduanya berlokasi di Surabaya. Lihat: Daftar universitas di Jawa Timur

Bentuk lain yang penting dari pendidikan yang tersedia di sebagian besar kota di Jawa Timur adalah pesantren. Ini jenis pendidikan yang dibangun dan diselenggarakan oleh ulama Islam, dan terkait dengan organisasi Muslim lokal atau nasional. Jombang adalah sebuah kota yang terkenal untuk pesantren tersebut.

Jawa Timur mendukung beberapa outlet media daerah. Surat kabar lokal dengan berita provinsi mencapai pembaca mereka lebih awal dari pesaing mereka dari Jakarta. Dalam semangat "memberikan lebih banyak berita dari seluruh pembaca", surat kabar yang paling bahkan mengeluarkan bagian kota yang berbeda antar wilayah distribusi mereka.

    Jawa Pos Group, salah satu kelompok surat kabar utama di Indonesia, yang berbasis di Surabaya.
    Surya, adalah sebuah surat kabar yang berbasis di Surabaya. Surya kini dikendalikan oleh Kompas, salah satu kelompok surat kabar utama di Indonesia



    Taman Nasional Meru Betiri - Antara Jember dan Banyuwangi kabupaten, taman ini meliputi 580 km2 (224 sq mi). Sulit untuk mendapatkan, mengandung hutan hujan pesisir yang fantastis dan pemandangan dan merupakan rumah bagi satwa liar berlimpah.
    Taman Nasional Alas Purwo - Ini 434 km2 (168 sq mi) Taman dibentuk oleh Semenanjung Blambangan (selatan Jawa Timur). Terdiri mangrove, savana, hutan monsoon dataran rendah dan pantai bagus, nama taman berarti Hutan Pertama dalam bahasa Jawa. Jawa legenda mengatakan bahwa bumi pertama kali muncul dari laut di sini.
    Taman Nasional Baluran - Ini 250 km2 (97 sq mi) taman nasional yang terletak di utara Jawa Timur, yang dulu dikenal sebagai sepotong kecil di Indonesia dari Afrika, taman sebelumnya savana yang luas sebagian besar telah digantikan oleh Acacia.
    Bromo Tengger Semeru National Park - Terletak di Jawa Timur di wilayah Probolinggo dan Pasuruan, 70 km (43 mil) dari Surabaya ibukota provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan besar hiking dan trekking di bagi wisatawan luar negeri. The pemandangan Bromo juga menarik ratusan penggemar foto untuk melihat pemandangan di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar