Sabtu, 23 Februari 2013

Liga Champiosn 2008 - 2009

Jadwal liga champions - 2008-09 Liga Champions adalah edisi ke-54 dari Eropa turnamen klub utama sepak bola dan edisi ke-17 di bawah format Champions UEFA saat ini Liga. Final dimainkan di Stadion Olimpico di Roma pada tanggal 27 Mei 2009. Ini adalah kedelapan kalinya final Piala Eropa telah diselenggarakan di Italia dan keempat kalinya telah diselenggarakan di Stadion Olimpico. The final diperebutkan oleh juara bertahan, Manchester United, dan Barcelona, ​​yang terakhir memenangi turnamen pada tahun 2006. Barcelona memenangkan pertandingan 2-0, dengan gol dari Samuel Eto'o dan Lionel Messi, mengamankan The Treble dalam proses. Selain itu, kedua finalis Piala UEFA, Werder Bremen dan Shakhtar Donetsk tampil di babak penyisihan grup Liga Champions.

Anorthosis dari Siprus dan BATE Borisov dari Belarus adalah tim pertama dari negara masing-masing untuk lolos ke babak penyisihan grup. Klub Rumania, CFR Cluj dan Rusia Zenit Saint Petersburg juara juga membuat debut Liga Champions mereka.

Klasemen liga champions - Dari babak sistem gugur pertama hingga semifinal, klub memainkan dua pertandingan melawan satu sama lain secara kandang dan tandang dengan aturan yang sama seperti babak kualifikasi diterapkan. Di babak 16 besar, juara grup memutar runner-up selain tim dari kolam renang mereka sendiri atau bangsa. Untuk menarik dari perempat final dan semi-final klub diunggulkan berdasarkan hasil di grup dan babak sistem gugur pertama musim ini (delapan pertandingan).

Yang menarik untuk putaran sistem gugur pertama diadakan pada Jumat, 19 Desember, 2008 di Nyon, Swiss. Penarikan undian telah dilakukan oleh Sekretaris Jenderal UEFA David Taylor, Giorgio Marchetti, direktur UEFA dari sepak bola profesional dan Bruno Conti, duta final di Roma.

Yang menarik untuk kuartal-final dan semi-final keduanya diadakan pada Jumat, 20 Maret, 2009 di Nyon, Swiss. Penarikan undian telah dilakukan oleh David Taylor dan Bruno Conti. Berbeda dengan putaran pertama sistem gugur, tim dari kelompok yang sama atau negara dapat ditarik bersama-sama dari perempat final dan seterusnya.

Pertandingan leg pertama dimainkan pada tanggal 28 April dan 29 April, sedangkan pertandingan leg kedua yang dimainkan pada tanggal 5 Mei dan 6 Mei 2009. Seperti pada 2007-08, semi-final tim terdiri dari tiga Liga Premier sisi dan Barcelona. Ini adalah musim ketiga berturut-turut di mana tiga dari semifinal tim empat berasal dari Inggris.

Manchester United adalah juara bertahan pertama yang mencapai semi-final sejak diperkenalkannya babak sistem gugur pertama di musim 2003-04.

Chelsea tersingkir oleh Barcelona setelah kinerja yang sangat kontroversial oleh wasit Tom Henning Ovrebo, sedangkan kerugian 3-1 Arsenal ke Manchester United di leg kedua semi-final adalah klub pertama yang pernah mengalahkan di Stadion Emirates dalam Eropa kompetisi.

The 2009 UEFA Champions League Final dimainkan di WIT 20:45 pada tanggal 27 Mei 2009 di Stadion Olimpico di Roma, Italia. Barcelona memenangkan pertandingan 2-0, dengan gol dari Samuel Eto'o dan Lionel Messi. Kemenangan Barcelona juga berarti bahwa mereka menjadi tim Spanyol pertama yang memenangkan The Treble. Manchester United adalah juara bertahan pertama yang mencapai final kompetisi sejak Juventus pada tahun 1997, tetapi mereka gagal untuk menjadi klub pertama yang mempertahankan Piala Eropa sejak Milan pada tahun 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar